Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap
Peningkatan Volume Omzet Penjualan Mobil Merek Toyota Avanza Di Showroom Pt.
Johar Megah Motor Makassar (PM-33)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Dunia
bisnis modern menuntut peranan pemasaran yang dapat menunjang kemajuan usaha
bisnis. Maju atau mundurnya suatu bisnis akan sangat ditentukan oleh
keberhasilan kegiatan pemasaran bisnis tersebut, karena kegiatan pemasaran
merupakan kegiatan bisnis yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas
(pelanggan). Pentingnya peranan pemasaran yang dimaksud bukan berarti
mengenyampingkan peranan bagian lain dalam bisnis, karena seluruh kegiatan
merupakan satu kesatuan yang utuh dalam bisnis.
Kegiatan
pemasaran selalu ada dalam setiap usaha, baik usaha yang
berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Hanya saja sebagian pelaku
pemasaran tidak atau belum mengerti ilmu pemasaran, tetapi sebenarnya mereka
telah melakukan usaha-usaha pemasaran. Hal ini terjadi karena pelaku pemasaran
belum pernah belajar atau bahkan belum pernah mendengarkan kata-kata pemasaran.
Dalam
melakukan kegiatan pemasaran suatu perusahaan memiliki beberapa tujuan yang
hendak dicapai, baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Dalam
jangka pendek biasanya untuk merebut hati konsumen terutama untuk produk yang
baru diluncurkan. Sedangkan dalam jangka panjang dilakukan untuk mempertahankan
produk-produk yang sudah ada agar tetap eksis.
Secara
umum, memahami konsep bauran pemasaran dalam, maka perlu diperkenalkan suatu
pemahaman mengenai konsep bauran pemasaran yang dipopulerkan oleh Jeremy
McCarthy yang memperkenalkan konsep bauran pemasaran produk yang dikenal dengan
konsep 4P (product, price, promotion, place).
Marketing
mix atau 4P merupakan suatu set peralatan pemasaran yang digunakan oleh suatu
perusahaan untuk mencapai obyek pemasaran yang ditetapkan dalam pasar sasaran.
Marketing mix meliputi produk, harga, promosi dan distribusi. Dalam bauran
produk, perusahaan hendaknya memilih jenis produk yang akan diproduksi dan
menciptakan suatu produk yang dapat diterima oleh masyarakat. Keputusan
mengenai produk meliputi bentuk fisik, pemberian merek, bungkusan/kemasan,
warna, mutu, ciri dan keistimewaan yang dimiliki.
Bauran
harga merupakan salah satu unsur penting dalam bauran pemasaran yang
menghasilkan pendapatan dari penjualan produk dan juga menentukan nilai suatu
produk. Biaya, keuntungan, persaingan dan perubahan keinginan pasar merupakan
hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga suatu produk. Untuk
bauran promosi dalam hal ini merupakan sarana komunikasi antara produsen dengan
konsumen. Dengan adanya komunikasi, konsumen akan mengetahui produk yang
dipasarkan oleh produsen.
Promosi
sangat diperlukan oleh setiap perusahaan karena tingkat persaingan yang tajam
antar perusahaan dalam berbagai industri, jumlah konsumen potensial yang
semakin meningkat dan digunakan untuk mempertahankan penjualan di masa resesi.
Promosi bertujuan untuk memodifikasi tingkah laku, memberitahu, membujuk dan
mengingatkan. Umumnya promosi yang diterapkan meliputi periklanan, penjualan
perorangan, promosi dan penjualan publisitas. Bauran pemasaran terakhir yaitu
distribusi sebagai suatu serangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat
dalam proses untuk menjadikan suatu produk atau jasa siap untuk digunakan atau
komunikasi.
Penerapan
strategi bauran pemasaran memberikan kontribusi yang tinggi dalam meningkatkan
volume omzet penjualan produk kendaraan merek Toyota Avanza di showroom PT.
Johar Megah Motor.
Berdasarkan
uraian di atas, peneliti tertarik meneliti dengan memilih judul: ” Analisis
Strategi Bauran Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Omzet Penjualan Mobil
Merek Toyota Avanza di Showroom PT. Johar Megah Motor Makassar”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar